Macam Macam Bakteri yang Merugikan dan Menguntungkan

shares

Mungkin tidak semua orang di dunia ini tahu jika macam macam bakteri memiliki peran yang baik dan buruk bagi kehidupan kita dan lingkungan. Bakteri adalah sebuah organisme yang berkembang biak dengan sangat cepat dan jumlahnya sampai dengan milyaran di dunia. 

Bakteri juga disebut sebagai salah satu mahluk hidup dengan sel tunggal atau uniseluler atau dengan kata lain ukuranya sangatlah kecil atau mikroskopik.

Artikel ini akan membahas secara singkat saja apa sih ciri ciri bakteri itu, dan macam macamnya yang harus kamu ketahui baik sebagai sumber belajar atau pengetahuan umum saja. Bakteri juga tidak selamanya memberikan dampak negatif namun ada kegunaanya dalam kehidupan manusia.

Ciri-ciri Bakteri

  1. Organisme multiselluler
  2. Prokariot (tidak memiliki membran inti sel )
  3. Umumnya tidak memiliki klorofil
  4. Memiliki ukuran tubuh yang bervariasi antara 0,12 s/d ratusan mikron umumnya memiliki ukuran rata-rata 1 s/d 5 mikron.
  5. Memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam
  6. Hidup bebas atau parasit
  7. Yang hidup di lingkungan ekstrim seperti pada mata air panas,kawah atau gambut dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan
  8. Yang hidupnya kosmopolit diberbagai lingkungan dinding selnya mengandung peptidoglikan.
Peranan Bakteri Dalam Kehidupan
Seperti yang sudah kita bahas di awal paragraf diatas dimana bakteri ini sendiri memiliki dua peran baik yang menguntungkan dan merugikan nah kita akan bahas sedikit mengenai soal ini.

Bakteri yang menguntungkan bagi kehidupan

Tidak dapat dipungkiri berdasarkan penelitian panjang bakteri juga sangat ampuh dalam memberikan  efek kekuatan antibiotik pada manusia. Ada beberapa jenis bakteri yang masuk dalam kategori baik atau yang menguntungkan ini antara lai sebagai berikut;

1. Lactobacillus bulgaricus dan L
Bakteri yang menguntungkan pertama ini dibuat sebagai salah satu olahan minuman untuk membuat yoghurt. Nah buat kalian yang suka makan yoghurt maka jangan salah ini adalah salah satu hasil dari permentasi bakteri yang membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Yoghurt merupakan salah satu hasil dari olahan bakteri yang menguntungkan

2. Lactobacillus casei
Sedangkan dalam pembuatan keju nih maka bakteri lactobacillus mengambil peran dalam bahan dasarnya.

3. Rizobium bersimbiosis
Dengan akar tanaman kacang-kacangan dapat menambat nitrogen dari udara bebas sehingga dapat menyuburkan tanah.

4. Acetobacter xylinum
Digunakan dalam proses pembuatan nata de coco dari air kelapa.

5. Escherichia coli
Kemudian salah satu jenis bakteri yang ada pada tubuh manusia sendiri yakni Escherichia coli ini dia bersarang di usus besar dengan tugas membantu membusukkan sisa-sisa makanan dan menghasilkan vitamin K.

6. Streptococcus griceus
menghasilkan antibiotik streptomisin.

7. Pada pengolahan limbah, diperlukan bakteri aerob untuk mengoksidasi limbah, sehingga daya racun limbah terhadap lingkungan berkurang.

8. Pada pembuatan biogas, bakteri mengubah sampah dan kotoran menjadi biogas yang terutama terdiri atas gas metana. Gas metana dapat digunakan sebagai bahan bakar dan penerangan. Dalam rekayasa genetika, ADN bakteri dimodifikasi sehingga menghasilkan protein tertentu yang dibutuhkan manusia. Dengan demikian dapat diperoleh sejumlah besar protein/enzim dalam waktu relatif singkat.

Diatas anda bisa cek beberapa peran bakteri yang baik bagi kelangsungan kehidpuan dibumi ini. Dimana ada beberapa pembagian lagi dari sisi kerugian anda bisa cek beberapa daftar bakteri yang parasit atau merugikan dibawah ini.

Bakteri yang merugikan

Banyak bakteri yang bersifat merugikan karena menimbulkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan. Bakteri juga menyebabkan banyak kerusakan pada makanan, bahan pangan, dan menghasilkan toksin/racun.
  • Clostridium tetani menyebabkan penyakit tetanus.
  • Salmonella typhi menyebabkan penyakit tifus.
  • Diplococcus pneumonia menyebabkan penyakit pneumonia/ radang paru-paru.
  • Bacillus anthracis menyebabkan penyakit antraks pada sapi, kerbau, dan domba.
  • Aspergillus flavus merusak biji kacang-kacangan yang disimpan dan menghasilkan racun aflatoksin yang berbahaya.
  • Erwinia tracheiphila menyebabkan penyakit busuk daun pada tanaman labu.
Baik dengan membaca artikel ini sahabat sudah mengetahui bagaimana peran bakteri dalam sebuah siklus kehidupan manusia dan alam. Maka dari itu memang perlu sekali memahami hal hal seperti ini sebagai pengetahuan tambahan lebih luas lagi.