Mana Lebih Baik Tabungan Atau Investasi ?

shares

Dua pilihan dalam manajemen uang yang sangat umum adalah tabungan atau investasi ke usaha real. Dalam mengambil keputusan ini memang tidak mudah anda harus membutuhkan banyak perhitungan detail rinci apalagi kalau uang yang anda akan tabung atau investasikan dalam jumlah yang besar ada resiko ideal pada masing masing hal ini baik anda menabung atau berinvestasi.

Secara umum resiko yang akan anda dapatkan ketika menabung adalah :

Image : hsbc.co.id/

1. Uang anda tidak berkembang secara pesat
Pesat dalam artian tidaklah begitu cepat. Ini artinya anda akan mendaptakan tidak lebih dari 5% per taun dari bunga pada uang pokok yang anda tabung padahal bunga 5% tersebut hampir jarang ada bank yang mau memberikan angka sebesar itu kita asumsikan saja. 

Misalkan anda menabung di sebuah bank dengan nilai uang sebesar 1Milyar. Dalam setahun uang anda hanya bertambah 50 juta saja. Itu kalau 5% nah kebanyakan sekaran dibawah 3% kataknalah dengan uang 1M anda akan mendapatkan bunga selama setahun hanya 30 juta saja. Berarti sebulan kurang lebih 3 juta++.

Bandingkan jika anda putar ke property kos misalkan. Uang 1M anda bisa mendapatkan 10 kamar disebuah kota X. Sewa perbulan 400 ribu masuk bersih 300 ribu maka sebulan anda sudah mengantongi 3 juta bersih sama saja tapi uang anda akan terus bertambah nilainya karena harga property naik terus.

2. Anda hanya mungkin mendapatkan bunga saja

3. Kelebihanya adalah uang anda akan aman
Ya selama ini dunia perbankan khususnya BUMN kita sangat aman untuk menyimpan uang dan kekayaan anda. Jika ingin aman maka saving saja di perbankan,

Kemudian jika anda memilih berinvestasi ada beberapa kemungkikanan yang akan terjadi pada uang anda.





1. Yang pertama Hangus. Jelas jika anda di tipu misalkan ini sangat lajim dalam dunia bisnis makanya ada yang namanya analisa dan kehati hatian dan akan panjang sekali apabila kita bahas dalam satu artikel.

2. Uang anda akan berkembang pesat berkali lipat dari sebelumnya. Ini adalah jika usaha tempat anda berinvestasi berkembang, binsis anda jalan dan laba setiap saat.

3. Memiliki banyak relasi dan pengalaman. Jelas jika anda memutar banyak uang dalam sebuah usaha maka anda akan berhadapan dengan banyak orang dan situasi. Disana anda akan mendapatkan banyak pengalaman baru, relasi baru, pelajaran baru dengan usaha yang anada jalankan.

Kendati demikian banyak orang yang beranggapan investasi emas dan property adalah sangat aman. Namun tidak semuanya benar. Bayangkan saja jika anda membeli sebuah tempat usaha dengan nilai milyaran dan sudah jalan misalkan. Ini masuk ke property atau kos kosan lah dan yang lainya dan akan sulit di analisa sepi.

Kita tidak pernah tau apa yang terjadi. Jika anda bencana alam berupa gempa misalkan maka sekejap property anda akan ludes bukan ? Maka jangan pernah jumawa mengatakan investasi anda paling aman kecuali sedekah.

Namun di era modern saat ini banyak sekali sektor perbankan yang menawarkan tawaran menarik. Dimana jika anda menabung maka anda akan diberikan suku bunga yang sangat besar. di HSBC misalkan anda akan mendapatkan 5,5% bunga pertahun dan ini tidak akan dan dapatkan dengan angka yang sama di bank lain dan mungkin anda ingin mencobanya ?

Kesimpulan:

Artikel ini tentu saja lahir dari sudut pandang penulis belaka. Perkara anda mau memilih menabung atau investasi maka itu urusan anda. Karena tipikal orang dalam memgang uang tidaklah sama, ada yang uangnya banyak semuanya di tabung, ada yang uangnya sedikit semuanya di investasikan dan sebaliknya.