Mengenal Gejala Hipertensi Sejak Dini

shares

Tidak hanya orang tua yang memiliki kans besar mengalamai penyakit hipertensi atau darah tinggi ini , namun anak muda juga sangat banyak sekali maka sangat perlu kiranya melakukan sebuah tindakan awal dengan mengetahui apa gejala umum yang menandakan anda terkena hipertensi sehingga sejak dini mudah di tanggulangi.

Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2015 yang lalu di rilis jika seperempat penduduk bumi mengalami gejala hipertensi dan ini adalah angka yang sangat besar sekali. Bagaimana dengan tahun ini, tentu akan semakin naik karena gaya hidup dan pola maka semakin bebas dan sangat mudah di dapatkan.

Oleh karena itu beberapa ulasan menari yang akan menjawab dasar gejala hipertensi ini bisa anda jadikan rujukan sederhana berikut ulasan lengkapnya.

Sebelumnya perlu anda ketahui penyakit hipertensi sendiri memiliki julukan silent killer yang penyakit yang senyap dan mematikan. Mengapa demikian, anda tidak akan merasakan gejalanya atau anda tidak sadar sedang mengalami hipertensi ringan misalkan jika anda tidak melakukan pemeriksaan di rumah sakit.

Lantas, seperti apa sih gejala hipertensi yang umumnya dialami pengidapnya? Secara sederhana jika anda bangun di pagi hari dan merasakan sakit kepala terus menerus bisa jadi ini adalah gejala awal lebih detail ini kami rangkum beberapa gejela umumnya.

Berikut penjelasan menurut ahli di WHO dan National Institutes of Health

Mengenal Gejala Hipertensi Sejak Dini
Mengenal Gejala Hipertensi Sejak Dini

  1. Mual dan muntah.
  2. Kebingungan.
  3. Pandangan menjadi kabur (masalah penglihatan).
  4. Mimisan.
  5. Nyeri dada.
  6. Telinga berdengung.
  7. Kelelahan.
  8. Irama jantung yang tidak teratur.
  9. Kecemasan.
  10. Tremor otot.
Di atas adalah sepuluh gejala umum yang menandakan anda terkena hipertensi. Tentu saja jika anda merasakan gejala demikian jangan lama lama priksa ke dokter karena jika anda biarkan bisa jadi akan memicu banyak penyakit lainya.

Dalam bahasa sederhana ketika darah anda naik maka itulah yang dinamakan hipertensi. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini dan bahkan meremehkanya. Sekali lagi hipertensi tidak hanya menjangkiti orang dengan usia lanjut namun anak muda sekarang juga banyak yang terserang hipertensi. 

Lalu bagaimana dan tindakan apa yang harus kita lakukan sehingga terhindar dari hipertensi ini ? Baik beberapa ulasan dibawah ini bisa anda coba dimana tentu saja intinya adalah hidup sehat, rutin olahraga, jaga pola makan.

Pemicu Hipertensi

Sebenarnya penyebab tekanan darah tinggi sering kali tak diketahui biang keladinya. Akan tetapi, setidaknya ada beberapa kondisi yang mesti diwaspadai karena bisa memicu hipertensi. Contohnya:
  • Berusia di atas 65 tahun.
  • Mengonsumsi banyak garam.
  • Kelebihan berat badan.
  • Memiliki keluarga dengan hipertensi.
  • Kurang makan buah dan sayuran.
  • Jarang berolahraga.
  • Penyalahgunaan NAPZA.
  • Gangguan ginjal.
  • Minum terlalu banyak kopi (atau minuman lain yang mengandung kafein).
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.
Risiko hipertensi dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Komplikasi

Sekali lagi, segeralah temui dokter bila mengidap hipertensi. Alasannya simpel, hipertensi yang tak ditangani depat tepat bisa memicu sederet komplikasi. Dalam kebanyakan kasus, hipertensi bisa menyebabkan kerusakan serius pada jantung.

Tekanan darah yang berlebihan bisa mengeraskan pembuluh darah, mengurangi aliran darah, dan oksigen ke jantung. Tekanan yang meningkat dan aliran darah yang berkurang ini dapat menyebabkan:
  • Nyeri dada, juga disebut angina.
  • Serangan jantung, yang terjadi ketika suplai darah ke jantung tersumbat dan sel-sel otot jantung yang mati karena kekurangan oksigen. Semakin lama aliran darah tersumbat, semakin besar kerusakan pada jantung.
  • Gagal jantung, yang terjadi ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah dan oksigen ke organ tubuh vital lainnya.
  • Detak jantung tidak teratur yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

KESIMPULAN

Dalam banyak kasus orang dengan usia senja memiliki kans paling besar terkena hipertensi. Dan, jika anda ketahui struk berat adalah pemicu utamanya tidak lain hipertensi yang sudah komplikasi, tekanan darah tiba tiba naik, dan tersandar akhirnya belah pembuluh darah yang membuat akibat sangat fatal sampai kematian.